Kamis, 10 Juli 2014

Islamiq Center : Masjid Indah Nan Megah


sumber : simbi.kemenag.go.id
Bagi masyarakat Samarinda, siapa yang tidak tau dengan masjid yang satu ini ? Masjid ini sering kali tampil di layar televisi kalian. Apa lagi kalau bukan Masjid Islamiq Center Samarinda. Masjid yang menjadi primadona masyarakat Samarinda ini merupakan masjid termegah dan terbesar ke-2 di Asia Tenggara. Dengan keindahan desain masjid yang berwarna kuning emas, serta dikelilingi oleh menara setinggi 99 meter yang dimaksudkan sebagai lambang dari 99 nama Allah atau yang disebut Asmaul Husna, masjid yang terdapat di jalan Slamet Riyadi ini tidak hanya menjadi tempat tujuan ibadah bagi umat islam, tetapi juga menjadi tempat kunjungan wisata religi untuk para pengunjung atau wisatawan kota Samarinda.

Karena masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri, maka pihak masjid menyediakan pakaian khusus Non Muslim berbentuk baju langsungan untuk dikenakan oleh wisatawan asing ataupun non muslim yang ingin memasuki kawasan islamic center, hal ini dimaksudkan agar para pemakainya menjadi lebih terlihat sopan.

Masjid Islamic Center tidak pernah sepi dari pengunjung, karena letaknya yang berada ditengah kota Samarinda dan berdepanan dengan tepian Sungai Mahakam, masjid ini juga acap kali menjadi tempat persinggahan disaat lelah. Dapat ditemui disetiap koridor, mulai dari yang duduk sampai yang tiduran, semua ada. Halamannya yang luas juga dijadikan tempat berolahraga di pagi dan sore hari, sungguh indah suasana di sini. Hal ini juga menjadikan peluang usaha bagi sebagian orang untuk mengais rezeki ditempat ini, seperti tukang foto keliling. Keindahan desain masjid ini sangat pas untuk menjadi background di foto. Dengan membayar 20-25 ribu rupiah, para pengunjung bisa membawa pulang foto dirinya di tempat yang menjadi icon nya kota Samarinda ini.
sumber : id.foursquare.com
Menara 99 ataupun menara asmaul husna memiliki lift yang bisa mengantarkan para pengunjung yang ingin merasakan berada di puncaknya, seraya menikmati pemandangan Kota Samarinda dari puncak menara. Namun, saya  sendiri belum pernah ada kesempatan untuk mencobanya, alasannya karena sedang ada perbaikan lift pada saat itu.
Menara 99  |  sumber : id.foursquare.com/
Disetiap perayaan hari akbar, seperti malam takbiran dan tahun baru, masjid ini diramaikan ribuan orang yang berada di pusat kota Samarinda untuk menyemarakkan hari akbar tersebut. Kembang api berwarna-warni yang menjulang tinggi seraya ingin mencapai menara 99 menjadi penghias yang indah. Namun, disetiap perayaan hari akbar, tidak semua orang sadar untuk tetap menjaga lingkungan. Seringkali tanaman dan rumput disekitar masjid ini rusak setelahnya, karena diinjak ataupun dicubit tangan nakal, dan mungkin hal ini juga terjadi di tempat lain kalau tidak ada kesadaran dari diri masing-masing untuk menjaganya.

Nah ini beberapa gambar yang menampakkan kemegahan masjid Islamic Center :

Tangga Eskalator  |  sumber : id.foursquare.com
Koridor  |  sumber : id.foursquare.com
Mimbar  |  sumber : id.foursquare.com
Nah keren kan ? itu menurut pengalaman saya setiap berkunjung ke Masjid ini dan seperti apa yang saya lihat langsung. Jadi, buat kalian yang sedang atau mau berkunjung ke Kota Samarinda, jangan sampai lewatkan Masjid yang satu ini ya di daftar tujuan wisata kalian. WonderfulSamarinda !!!

0 comments:

Posting Komentar