Rabu, 23 Juli 2014

Citra Niaga : Pasar Seni di Kota Samarinda

sumber : skyscrapercity.com
Kawasan ini merupakan kawasan yang di hampiri oleh wisatawan atau pengunjung kota Samarinda untuk mencari buah tangan untuk dibawa ke kampung halaman. Kawasan ini bernama Citra Niaga, yaitu sebuah pusat perdagangan di kota Samarinda. Disini kita bisa mencari berbagai souvenir, kaos khas Samarinda, tas, serta pernak-pernik khas Samarinda lainnya. Contohnya ...
sumber : ayokesamarinda.blogspot.com
Pusat perdagangan ini  merupakan karya dari arsitek Antonio Ismael yang dirancang untuk menyediakan tempat usaha bagi pedagang kecil, pedagang menengah, dan pedagang besar. Ditengah-tengah kawasan ini terdapat menara kayu dengan patung burung enggang di puncaknya. Dengan luas kawasan sekitar 2,7 hektare dan dirancang dengan arsitekture yang menarik, kawasan ini pernah memperoleh penghargaan Internasional Aga Khan Award for Architecture pada tahun 1989.
sumber : kekaltim.wordpress.com
Namun, keaslian arsitektur bangunan di kawasan ini sudah berubah. Sebagian bangunan di sisi timur berubah menjadi department store dan hanya pada bagian barat yang di sisakan untuk pedagang kecil dan plaza di tengah. Kebakaran yang terjadi pada 31 Oktober 2006 juga membuat bangunan ini harus melakukan pembangunan kembali yang tidak persis dengan kondisi awalnya, yang mana bahan bangunan sebelumnya memakai bahan sirap kayu ulin, diganti dengan bahan non kayu untuk dinding dan atap. Padahal, kawasan ini bisa menjadi kawasan bersejarah yang menjadi andalan kota Samarinda untuk menarik wisatawan jika dijaga keasliannya dan tetap memberikan unsur budaya daerah setempat.
sumber : skyscrapercity.com
Tapi jangan khawatir, karena hanya sebagian kawasan yang berubah menjadi department store. Masih ada para pedagang yang menjual berbagai kerajinan tangan khas Samarinda disini. Jadi, kalau mau mencari tempat penjualan buah tangan khas Samarinda, Citra Niaga bisa jadi salah satunya. WonderfulSamarinda !!!

0 comments:

Posting Komentar